Mengenal Istilah Kesamaan, Persamaan, Ketidaksamaan, dan Pertidaksamaan

Dalam matematika khususnya dalam aljabar dikenal beberapa istilah Kesamaan, Persamaan, Ketidaksamaan, dan Pertidaksamaan. Apakah anda tahu apa artinya keempat istilah tersebut dalam Matematika.

Sebelum kita membahas mengenai keempat istilah tersebut. Sebaiknya kita pahami terlebih dahulu beberapa istilah yang nantinya berkaitan dengan keempat istilah tersebut.

  • Pernyataan adalah kalimat yang dapat ditentukan benar atau salahnya
  • Kalimat terbuka adalah kalimat yang belum diketahui nilai kebenarannya (benar atau salah)
  • Variabel adalah lambang atau pengganti variabel suatu bilangan yang belum diketahui nilainya dalam kalimat terbuka. Peubah atau variabel yang ada pada kalimat terbuka dapat diganti oleh sembarang anggota dari himpunan semesta sehingga menjadi kalimat benar atau salah.
  • Konstanta adalah bilangan yang dapat mengganti variabel.


Kesamaan

Kesamaan berasal dari kata "sama" yang berarti serupa (halnya, keadaannya, dan sebagainya), tidak berbeda, tidak berlainan. Kemudian mendapat awalan ke- dan akhiran -an. Dalam KKBI "Kesamaan" mempunyai arti perihal sama. Sedangkan kesamaan dalam matematika merupakan kalimat pernyataan yang memiliki tanda hubung sama dengan (=). Berikut adalah contoh kesamaan dalam matematika.
Contoh 1
9 x 3 = 20 + 7
Contoh 2
25 : 5 = 10 -5
Contoh 3
6 + 7 = 10 + 3

Persamaan

Persamaan mempunyai arti perihal mempersamakan (tingginya, tingkatnya, dan sebagainya) atau keadaan yg sama atau yg serupa dengan yg lain. Sedangkan dalam Matematika persamaan memiliki makna kalimat terbuka yang memiliki tanda hubung sama dengan (=). Berikut adalah contoh dari persamaan
Contoh 1
3a = 4
Contoh 2
p + 7 = 6
Contoh 3
x - 5y = 2

Dari contoh di atas kita dapat melihat bahwa dalam persamaan terdapat variabel sedangkan pada kesamaan tidak terdapat variabel.

Ketidaksamaan 

Ketidaksamaan adalah kalimat pernyataan yang menyatakan hubungan tidak sama. Tanda hubung tidak sama
< dibaca “kurang dari”
> dibaca “lebih dari”
≤ dibaca “kurang dari atau sama dengan”
≥ dibaca “lebih dari atau sama dengan”
≠ dibaca “tidak sama dengan”
Contoh ketidaksamaan.
Contoh 1
2 kurang dari 6 ditulis 2 < 6
Contoh 2
5 lebih dari 1 ditulis 5 > 1
Contoh 3
3 < 5 dan 5 < 7 ditulis 3 < 5 < 7

Pertidaksamaan

Pertidaksamaan adalah kalimat terbuka yang menyatakan hubungan ketidaksamaan atau kalimat/pernyataan matematika yang menunjukkan perbandingan ukuran dua objek atau lebih. Contoh pertidaksamaan
Contoh 1
x < 4
Contoh 2
p - 3 > 7
Contoh 3
x + y > 3

Nah, semoga penjelasan di atas dapat membantu anda memahami istilah Kesamaan, Persamaan, Ketidaksamaan, dan Pertidaksamaan.

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon