Cara Menghilangkan Tanda Silang Pada Baterai Laptop

Ketika sedang asik menggunakan laptop dan anda terusik dengan sesuatu yang aneh pada icon baterai laptop anda. Biasanya terlihat tanda silang merah pada icon tersebut. Walaupun tidak mengganggu kerja anda dalam menggunakan laptop. Tanda silang tersebut tetap saja tidak enak dilihat dan anda ingin memperbaikinya.

Jika, kita klik pada ikon baterai tersebut maka akan ada tulisan (Consider replacing your battery). yang artinya kurang lebih anda diminta untuk mengganti baterai laptop anda. Ternyata ada penyebab baterai laptop seperti itu dan ada pula cara memperbaikinya.

Penyebab Munculnya Tanda Silang

Tanda silang tersebut sebenarnya berfungsi untuk memberitahukan pemiliknya bahwa baterai laptopnya sudah tidak berfungsi dengan normal alias soak, aus atau apalah bahasanya. Cepat atau lambat setiap laptop pasti akan mengalami masalah yang sama yaitu munculnya tanda silang merah pada ikon baterai, terutama pengguna sistem operasi Windows 7. Aus-nya baterai ini bisa disebabkan oleh karena memang sudah usia pakainya lama, penggunaan yang kurang tepat atau hal lainnya.

Sebenarnya fitur ini semestinya menjadi fitur andalan Windows 7 yang tidak ada pada Windows versi sebelumnya (XP danVista) dan niat awalnya sebagai notifikasi bahwa baterai sudah waktunya diganti dengan yang baru. Namun, banyak penggunanya merasa terganggu oleh notifikasi ini. Walaupun ada notifikasi agar mengganti baterai sebenarnya kapasitas baterai laptop tersebut masih mumpuni untuk digunakan. Batas atas baterai pada Windows 7 adalah 40%. Sebagian ada yang memperdebatkan bahwa batas (threshold) 40% ini dinilai terlalu besar. Hal ini mengingat pada kapasitas 30%-an dari kapasitas ideal pun baterai laptop umumnya masih sanggup bertahan sekitar 1 jam dan itu masih cukup lama. Selain itu harga baterai laptop yang lumayan mahal, jadi banyak pengguna enggan mengganti baterai laptopnya kecuali kalau sudah benar-benar sudah tidak dapat dipergunakan lagi.

Cara Memperbaiki

1. Cara Aneh Namun Berhasil
Sebenarnya saya sendiri pernah mengalami hal tersebut. Kemudian saya mencari solusi untuk mengatasinya di internet. Kemudian, saya menemukan cara ini, yang bisa dibilang aneh dan sangat mudah. Saya sebut aneh karena cara ini sangat sederhana namun berhasil pada laptop saya. Baiklah, jika anda sudah tidak sabar lagi, beginilah caranya: Charge laptop anda hingga penuh. Jika sudah penuh cabut charger dari laptop anda, gunakan laptop seperti biasa hingga baterainya habis dan laptop anda mati sendiri. Kemudian coba hidupkan kembali, untuk memastikan baterai anda benar-benar habis. Jika sudah tidak bisa dihidupkan lagi, charge kembali laptop anda dan hidupkan seperti biasa. Dengan cara ini, saya berhasil menghilangkan tanda silang pada ikon baterai laptop saya.

2. Cara Kalibrasi
Saya kurang mengerti dengan nama Kalibrasi, namun ini yang banyak dibagikan oleh pengguna internet. Mungkin cara ini berhasil pada laptop mereka, saya sendiri belum mencobanya. Caranya hampir sama seperti cara yang pertama, charge full baterai laptop anda. Cabut charger apabila baterai sudah penuh. Nyalakan laptop dan tekan F8 berulang-ulang. Hingga muncul menu Advanced Boot Options, pilih Safe Mode. Biarkan saja laptop hidup sampai mati sendiri karena baterainya benar-benar habis. Sangat disarankan untuk tidak mengoperasikan laptop Anda selama proses ini. Biarkan saja sampai laptop mati sendiri. Apabila telah mati sendiri, pasang kembali charger laptop Anda, lalu nyalakan kembali laptop Anda dengan normal.

Dua cara berikutnya adalah cara yang lebih formal, karena dilakukan dengan update software. Saya sendiri juga belum pernah mencobanya karena sudah dapat saya atasi dengan cara di atas. Namun, cara ini dapat dicoba apabila cara di atas tidak menyelesaikan masalah anda.

3. Coba Update Windows 7 Laptop Anda
Update bukan hanya untuk mendapatkan fitur-fitur terbaru, namun update perlu dilakukan untuk memperbaiki bug pada sistem operasi laptop anda. Jika update telah dilakukan maka, notifikasi pada ikon baterai tersebut juga ikut dibenahi. Namun, pastikan terlebih dahulu anda telah menggunakan Windows asli. Jika tidak maka lisence Windows akan diblacklist

4. Coba Install Serice Pack 1 (SP1)
SP1 merupakan update windows 7. Dalam update ini telah tersedia fitur  mematikan notifikasi pergantian baterai ini. Jika SP1 telah terinstal pada laptop anda, anda tinggal klik saja ikon baterai. Kemudian hilangkan centang “Warn me if my battery may need replacement”. Setelah anda mematikan fitur tersebut, maka tanda silang merah akan hilang dan tidak mengganggu anda lagi. Saya sendiri belum mencoba cara ini, namun jika anda berniat mencoba silahkan saja, Untuk SP1 anda bisa cari di google saja hehehe...

Penting

Meskipun tanda notifikasi silang merah telah hilang, bukan berarti baterai laptop anda telah Normal. Dari awal baterai laptop anda telah drop, aus, soak atau apalah namanya. Cara di atas hanya menghilangkan notifikasinya bukan memperbaiki baterai laptop anda. Selamat mencoba!

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon