Rumus Luas Selimut dan Volume Kerucut Terpancung

Kerucut merupakan salah satu bagian dari kelompok bangun ruang sisi lengkung. Kerucut mrupakan bangun ruang sisi lengkung yang mempunyai dua sisi yaitu sisi alas dan selimut. Pada artikel ini, kita akan dibahas mengenai bangun ruang yang memiliki hubungan dengan kerucut yaitu luas selimut dan volume dari kerucut terpancung. Kerucut terpancung sendiri merupakan kerucut tegak yang ujung atasnya dipotong. Jika kita amati maka bentuknya akan miri seperti ember terbalik. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar kerucut terpancung di bawah ini.

Sebelum kita, membahas mengenai luas selimut dan volume dari kerucut terpancung ada baiknya kita mengingat terlebih dahulu mengenai rumus luas selimut dan volume dari kerucut. Luas selimut, luas permukaan dan volume dari kerucut dapat kita tentukan dengan rumus berikut


Dengan:
r = jari-jari alas kerucut
t = tinggi kerucut
s = panjang garis pelukis kerucut
Selanjutnya kita akan membahas mengenai kerucut terpancung mengenai luas selimut dan volume dari kerucut.Perhatikan gambar dibawah.

Gambar di atas merupakan gambar dua buah kerucut yaitu kerucut besar dan kerucut kecil, Kerucut kecil merupakan bagian/potongan dari kerucut besar, dimana kerucut besar memiliki jari-jari R, panjang garis pelukis s dan tinggi t. Kerucut kecil memiliki jari-jari r, panjang garis pelukis s dan tinggi t1 serta R > r. Dari gambar didapat
s = s1 + s2
t = t1 + t2
Dengan konsep kesebangunan pada segitiga didapat pula

Dengan menggunakan teorema pythagoras maka diperoleh s2 yaitu

Selanjutnya, kita akan ditentukan panjang s dan s1 dalam s2
Panjang s

Panjang s1






















Nah, berikut ini merupakan penjabaran dari rumus luas selimut kerucut terpancung


Sedangkan, untuk rumus volume kerucut terpancung berikut ini adalah penjabaranya

Sehingga, dapat disimpulkan jika terdapat kerucut terpancung dengan panjang jari-jari alas R, jari-jari atas r, tinggi t dan panjang garis pelukis s. Maka, kita dapat menentukan  luas selimut kerucut terpancung dan volume kerucut terpancung dengan rumus:

Demikianlah tadi mengenai luas selimut dan volume kerucut terpancung, semoga bermanfaat.

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon