Cara Menghilangkan Garis Merah dan Garis Hijau pada Word

Pernahkah anda  memperhatikan ketika sedang menulis pada Microsoft Word selalu ada garis merah atau garis hijau di bawah kalimat atau kata yang telah kita ketik tadi. Sebagian orang dengan alasan tertentu mungkin merasa terganggu oleh garis-garis tersebut. Lantas apa sebenarnya garis merah dan garis hijau yang tidak jelas itu?

Saat kita mengetik menggunakan Microsoft Word, "Spelling & Grammar checker"  akan memeriksa ejaan dan tata bahasa yang kita ketikan secara otomatis. Pada umumnya, pengaturan bahasa yang digunakan pada komputer biasanya menggunakan bahasa Inggris dan biasanya itu sudah default, sehingga Microsoft Word akan mengacu pada ejaan dan tata bahasa dalam Bahasa Inggris. Jika ada ejaan yang tidak sesuai, maka kata akan digarisbawahi berwarna merah, sedangkan jika ada susunan kata yang tidak sesuai dengan tata bahasa, maka kata akan digarisbawahi berwarna hijau. Terlebih lagi, bahasa yang kita ketikan dalam bahasa Indonesia pasti akan banyak kita temui garis merah dan hijau tersebut. Namun, apabila ejaan dan tata bahasa kita terlalu banyak yang tidak sesuai menurut Spelling & Grammar checker maka akan muncul peringatan kurang lebih seperti ini

Jika kita, tekan ok maka biasanya garis-garisnya akan hilang. Namun adakah cara lain untuk menghilangkan kedua garis tersebut? Tentu saja ada, caranya sangat mudah dan berikut ini adalah langkah-langkah menghilangkan garis-garis tadi.

Pilih File button, kemudian pilih "Word Options"

Kemudian, akan muncul jendela baru dan pilih "Proofing"

Pada menu "Proofing" carilah tulisan "Check spelling as you type" dan "Mark grammar error as you type" yang keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Untuk menonaktifkan pemeriksaan ejaan (garis bawah merah), hilangkan tanda cek pada bagian "Check spelling as you type". Sedangkan, untuk menonaktifkan pemeriksaan tata bahasa (garis bawah hijau), hilangkan tanda cek pada bagian "Mark grammar error as you type".

Jika sudah, akhiri dengan memilih "OK".

Jika anda melakukan dengan benar, maka seharusnya garis merah dan garis hijau pada tulisan anda telah menghilang. Dengan demikian anda tidak akan merasa terganggu lagi oleh garis-garis tersebut Selamat mencoba

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon