Cara Menghentikan Video yang Terputar Otomatis di Facebook

Bagi anda yang sering menggunakkan media sosial khususnya facebook saat ini merasa ada yang berbeda dengan kiriman teman-teman anda di facebook. Kiriman-kiriman yang hanya berupa status berbasis teks (kata-kata) kini mulai banyak yang mengunggah (upload video) atau berbagi (share) kiriman video pada time line nya. Dan anehnya ketika anda menggulirkan layar anda ke arah video tersebut video itu pun terputar secara otomatis tanpa anda mengklik play button video tersebut. Biasanya video akan terputar secara otomatis tanpa ada suara (mute). Kemudian, pada saat anda menjauhkan/menggulirkan layar anda dari video tersebut video akan berhenti terputar secara otomatis pula.

Jika anda mengklik video tersebut video akan berhenti berputar dan jika diklik lagi untuk yang kedua kalinya maka video akan berputar lagi dan kali ini ada suaranya atau anda bisa menekan mute button video tersebut maka video suaranya akan terdengar langsung.

Mungking ada kekhawatiran dari anda, kekhawatiran itu sendiri muncul dari kuota internet yang disedot akibat terputarnya video-video tadi secara otomatis atau tanpa kita kehendaki. Karena, video tersebut terputar sendiri (otomatis) itu, ternyata tetap menggunakkan koneksi data kita (kuota internet). Sehingga, tanpa anda sadari kouta internet anda mungkin akan cepat habis tanpa anda sadari. Lantas, bagaimana caranya menghentikan video-video yang otomatis terputar tersebut? atau dapatkah kita mngatur agar video-video itu tidak terputar secara otomatis?

Facebook sebenarnya telah mengantisipasi hal ini, dan telah menyediakan pengaturan khusus mengenai video-video yang beredar di facebook. Pengaturan ini dapat kita lihat pada menu pengaturan facebook. Yang dapat kita temukan dengan  menekan kursor pada menu dropdown yang berupa gambar segitiga kecil/tanda panah ke bawah yang terletak di samping pengaturan privasi (bergambar gembok). Kemudian pilih "Pengaturan" pada menu dropdown tersebut. Selanjutnya, pilih submenu "video" yang terletak pada sidebar kiri paling bawah. Akan muncul tampilan seperti berikut setelah anda memilih submenu "video".

Untuk mengatur pemutaran video, pilih "Default" button sehingga akan muncul menu dropdown yang menampilkan tiga pilihan yaitu "Default", "Nyala", dan "Mati". Untuk menghentikan video berputar secara otomatis maka silahkan pilih "Mati". Maka untuk seterusnya video yang terlihat dalam kabar berita facebook anda tidak akan terputar otomatis ketika anda menggulirkan layar pada video tersebut. Untuk menonton video anda bisa menekan kursor pada area video tersebut.

Dalam kondisi tertentu walaupun anda tidak melakukan pengaturan sperti yang disebutkan di atas, video tidak akan terputar otomatis. Kondisi tersebut biasanya terjadi jika koneksi seluler Anda lambat atau jika Anda baru saja menggunakan data seluler dalam jumlah besar. Nah, Untuk itu anda perlu mengklik video tersebut untuk memutarnya. 

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon