Ayo Yang Ingin Ikut Ujian Nasional Perbaikan Segera Daftar Hingga 23 Oktober 2015

Ujian Nasional untuk tahun 2015, merupakan Ujian Nasional yang penyelenggaraannya dilaksanakan dengan dua jenis ujian yaitu  ujian berbasis kertas serta ujian berbasis komputer atau computer-based test (CBT). Pada UN 2015 pula terjadi perubahan kebijakan UN yang membawa pengaruh besar bagi dunia pendidikan di Indonesia. Hal ini berkaitan dengan kebijakan pemerintah mengenai UN yang tidak lagi menjadi penentu kelulusan siswa. Selain itu, dalam UN 2015 dikenal pula Ujian Nasional Perbaikan (UNP) (Baca : Nilai kurang dari sama dengan 55 siap siap Ikut UN Perbaikan).

Ujian Nasional Pebaikan sesuai dengan POS UN tahun 2015 merupakan UN yang diselenggarakan untuk peserta didik pada jenjang SMA/MA/SMAK/SMTK, SMK/MAK, dan Program Paket C yang mencapai kompetensi lulusan dengan kategori kurang pada suatu mata pelajaran. Sesuai dengan  Permendikbud Nomor 5 Tahun 2015 bahwa, tingkat pencapaian kompetensi lulusan  dalam UN disusun dalam kategori sebagai berikut. Sangat baik, jika nilai lebih dari 85 (delapan puluh lima) dan kurang dari atau sama dengan 100 (seratus), Baik, jika nilai lebih dari 70 (tujuh puluh) dan kurang dari atau sama dengan 85 (delapan puluh lima), Cukup, jika nilai lebih dari 55 (lima puluh lima) dan kurang dari atau sama dengan 70 (tujuh puluh), dan Kurang, jika nilai kurang dari atau sama dengan 55 (lima puluh lima). Sehngga kategori kurang yang dimaksud adalah ketika seorang siswa mendapat nilai nilai kurang dari atau sama dengan 55 pada suatu mata pelajaran yang di UN-kan.

Ujian Nasional Pebaikan ini sendiri, tidaklah wajib dilakukan melainkan ini merupakan pilihan dari peserta didik sendiri. Ujian Nasional Pebaikan rencanya akan dilaksanakan pada awal tahun 2016  tepatnya pada tanggal 22 Februari hingga 5 Maret 2016 ini akan dilaksanakan dengan format ujian berbasis komputer (CBT). Hal ini dilakukan dalam upaya pemerintah mewujudkan green assessment  yaitu mengurangi pemakaian kertas dalam UN.

Bagi siswa yang ingin mengikuti Ujian Nasional Pebaikan ini sudah bisa melakukan pendaftaran secara online di laman http://unp.kemdikbud.go.id. Terkait dengan tempat ujian, calon peserta dapat memilih di provinsi sekolah asal atau provinsi domisili saat ini. Calon peserta cukup melakukan registrasi dengan nomor peserta UN 2015 dan tanggal lahir seperti yang tertera pada kartu peserta UN. Namun, tetap ada verifikasi yang disiapkan dalam aplikasi pendaftaran

Mengenai hasil dari Ujian Nasional Pebaikan akan diumumkan pada tanggal 19 Maret 2016. Jadi tunggu apa lagi bagi anda yang berminat mengikuti Ujian Nasional Pebaikan buruan segera daftar.

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon