Kumpulan Jawaban Kreatif yang Bikin Ngakak

Mungkin anda masih ingat ketika masih menjadi pelajar pernah melakukan kesalahan ataupun kekonyolan di sekolah. Kesalahan seperti datang terlambat ke sekolah, tidak membuat PR, bolos, ataupun pelanggaran disiplin lainnya mungkin pernah kita lakoni baik sengaja ataupun tidak sengaja. Namun, tanpa kita sadari dan mungkin hanya para guru yang tahu kesalahan kita yang ini yaitu kesalahan kita dalam menjawab soal. Yang mungkin jika kita lihat sekarang jawaban kita yang pernah kita buat sangatlah konyol dan menggelitik.

Berikut, ini merupakan beberapa kesalahan-kesalahan  siswa dalam menjawab soal matematika yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber. Dimana jawaban-jawaban siswa tersebut salah namun dapat juga dikatakan kreatif sekaligus konyol dan mungkin dapat membuat anda tertawa sambil mengingat-ingat masa lalu anda saat di sekolah.

Jawaban Kreatif yang Bikin Ngakak 1 "Find x"
Maksud dari soal di atas adalah kita diminta untuk menemukan nilai x "Find x"menggunakan teorema pythagoras namun, ternyata yang menjawab soal tersebut salah kaprah ia mengira diminta untuk menemukan x (menemukan letak x) sehingga ia langsung melingkari huruf x dan memberinya tanda panah dan menuliskan "Here it is" yang artinya "Ini dia".

Jawaban Kreatif yang Bikin Ngakak 2 "Take Out Centi"
Kali ini cara menjawabnya cukup kreatif yaitu dengan menghilangkan "centi" pada kata "centimeters". Pertanyaan di atas maksudnya adalah bagaimana mengubah sentimeter ke meter "To chane centimeters to meter you ?". Yang jawabanya diisi dengan "take out centi" yang artinya menghilangkan "centi" padahal cara yang benar adalah dengan membagi 10. Akan tetapi, jika dilihat kembali jawaban tersebut ada benarnya juga karena dengan menghilangkan "centi" pada kata "centimeters" maka kata tersebut akan menjadi "meters"

Jawaban Kreatif yang Bikin Ngakak 3 "Telah Dirancang Tuhan"
Kali ini jawaban kreatif berasal dari Indonesia, dalam soal si penjawab diminta untuk membuktikan garis berat suatu segitiga. Namun yang dijawab adalah kata-kata yang cukup lucu yaitu
" Saya Bingung Pak, apa yang mau saya buktiin. Ini semua telah dirancang Tuhan. Segala sumber ilmu pengetahuan berdasarkan firman Tuhan dan Dia yang menjadikannya baik. Jadi menurut saya tidak ada yang perlu dibuktikan, karena pembuktian ini hanyalah bentuk ketidakpercayaan saya dengan Tuhan. Karena saya percaya Tuhan saya, Tuhan yg benar saya percaya kepada-Nya bahwa Garis berat dari suatu segitiga adalah 2 : 1
Barang siapa yang tidak percaya kepada-Nya, hidupnya akan Binasa"
Entah apa yang dipikirkan oleh si penjawab, antara ia serius menjawab seperti itu atau ia hanya mencari-cari alasan saja.

Jawaban Kreatif yang Bikin Ngakak 4 "Expand"
Dalam soal, si penjawav dalam hal ini Peter diminta untuk menjabarkan "Expand" bentuk (a + b)n, namun dijawab dengan menuliskan bentuk (a + b)n semakin melebar ke samping. Mungkin yang Peter mengira bentuk tersebut dituliskan melebar.

Jawaban Kreatif yang Bikin Ngakak 5 "or"
Sebenarnya ini merupakan soal yang sangat mudah entah kenapa yang menjawab soal tidak mengerti maksud soal. Seharusnya jawaban diisi dengan tanda ketaksamaan kurang dari (<) atau lebih dari (>) . Namun, si penjawab mengira dia hanya diminta untuk mengisi kata "or" karena dalam soal dituliskan "Write < or >". Sehingga sepintas sepertinya memang diisi dengan "or"

Jawaban Kreatif yang Bikin Ngakak 5 "Atau, Bisa, Banyak"
Kali ini jawaban kreatif dari indonesia lagi, ada tiga pertanyaan yang semuanya dijawab dengan keliru. Pertanyaan pertama "Tulislah dengan < atau >" saama seperti sebelumnya yang diisi pada jawaban adalah kata "atau" padahal yang benar adalah diisi dengan tanda ketaksamaan "<" atau ">". Pertanyaan kedua "Paman membeli permen sebanyak 6 toples. Tiap toples berisi 1215 biji. Berapa biji permen yang dibeli paman?" yang dijawab oleh si penjawab adalah "Banyak". Antara ia memang tahu atau tidak mengerti soalnya, namun jawabanya masuk akal juga. Pertanyaan ketiga "Bisakah kamu menjawab 12 x 3 + 4?" yang dijawab adalah "Bisa". Jika kita lihat pertanyaan dan jawaban memang masuk akal jika dijawab "Bisa". Namun, sebenarnya yang diminta adalah hasil operasinya bukan mengetahui apakah bisa atau tidaknya menjawab.

Jawaban Kreatif yang Bikin Ngakak 7 "Allah Yang Tau"
Mungkin si penjawab sudah lelah dan menyerah sehingga untuk jawaban nomor 5 dituliskan dengan "Allah yang tau"

Jawaban Kreatif yang Bikin Ngakak 8 "Segitiga Sama Kaki"
Nah, yang satu ini juga tergolong salah kaprah juga. Sebenaryna dalam soal si penjawab diminta untuk menggambar segitiga sama kaki yang merupakan salah satu dari jenis-jenis segitiga. Namun, si penjawab salah memahami soal mungkin ia mengira diminta untuk membuat gambar segitiga dan gambar kaki mengingat jika kita perhatikan kata segitiga sama kaki juga berarti demikian

Jawaban Kreatif yang Bikin Ngakak 9 "Diabetes"
Dalam soal, sebenarnya diminta untuk menetukan berapa Bob punya permen sekarang? Ini bisa dilihat dari pertanyaan yang berbunyi "Bob has 36 candy bars. He eats 29. What does he have now? ". Namun ternyata si penjawab cukup kreatif ia menjawab "Diabetes, Bob has diabetes" yang artinya kurang lebih "Diabetes, Bob mempunyai penyakit diabetes". Jawabannya sedikit masuk akal tetapi tetap saja salah.

Demikianlah tadi kumpulan jawaban kreatif yang bikin ngakak. Mungkin masih banyak lagi jawaban-jawaban yang konyol lainnya atau mungkin anda sendiri memiliki pengalaman yang lebih konyol lagi. Terlepas apakah semua jawaban tersebut memang kisah nyata atau tidak, hal tersebut dapat menjadi pembelajaran bagi kita khususnya para Guru dalam membuat soal. Dimana, sebaiknya kita melihat kembali soal-soal yang kita buat sebelum diberikan kepada siswa sehingga siswa tidak salah mengartikannya.

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon