Cara Mudah Compress Foto/Gambar

Bingung, ketika ingin mengirim lamaran melalui email yang lampirannya maksimum 2 Mb atau bahkan kurang sementara file-file lampiran yang kita akan kirim jumlah ukurannya melebihi batas yang diminta? Ataupun kita diminta mengupload foto kita namun harus dengan ukuran-ukuran tertentu yang biasanya dalam kilobytes (kb). Sementara, file yang kita miliki ukurannya melebihi kapasitas yang diminta

Berkas-berkas lamaran biasanya terdiri dari lampiran hasil scan ijazah, foto, ataupun sertifikat-sertifikat lainnya yang ukuran filenya ada yang sampai Megabytes (Mb) tentu saja menyulitkan kita dalam mengirimkan file-file tersebut karena biasanya pencari kerja membatasi ukuran-ukuran file yang boleh dikirimkan. Untuk itu, sebelum kita melakukan pengiriman sebaiknya kita mengecilkan atau istilah lainnya compress ukuran file-file gambar tersebut. Lantas bagaimana caranya?

Mengecilkan ukuran sebuah foto atau hasil scan pada komputer sebenarnya sangat mudah. Compress foto dapat dilakukan dengan menggunakan software bawaan microsoft yang biasanya sudah langsung ada pada saat menginstal microsoft office pada komputer anda. Software ini namanya Microsoft Office Picture Manager.

Microsoft Office Picture Manager merupakan salah satu bagian dari software Microsoft Office Tools, yang bisa dibuka melalui folder Microsoft Office pada start menu komputer anda. Untuk melakukan compress foto menggunakan software ini caranya sangat mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Pertama, klik kanan foto atau hasil scan yang akan di-compress
  2. Kemudian pilih open with dan pilih Microsoft Office Picture Manager.
  3. Selanjutnya, pilih tab "Picture" dan pilih "Compress"
    Cara Mudah Compress Foto/Gambar
  4. Akan muncul "Task Pane" pada bagian kanan tampilan Microsoft Office Picture Manager
    Cara Mudah Compress Foto/Gambar
  5. Kemudian, pilih salah satu pilihan compress pada bagian compress for sesuai dengan kebutuhan anda. Yaitu mulai dari Documents, Web Pages, dan E-mail messages
  6. Jika anda telah menentukan pilihan, tekan "Ok"
  7. Kemudian, jangan lupa save/save as file anda.


Selain menggunakan fitur compress tadi, kita bisa mengecilkan ukuran foto berdasarkan ukuran/size pixel file ada Microsoft Office Picture Manager. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Pada tab "Picture" pilih "Resize"
    Cara Mudah Compress Foto/Gambar
  2. Kemudian akan muncul "Task Pane"
    Cara Mudah Compress Foto/Gambar
  3. Selanjutnya silahkan pilih cara anda mengubah ukuran/size file anda. Anda bisa memilih menggunakan ukuran/size yang telah disediakan oleh Microsoft Office Picture Manager dengan memilih ukurannya pada bagian "Predifined widh x height". Atau mengubah ukuran/size sesuai dengan keinginan anda menggunakan "Custom width x height. Ataupun menggunakan persentase melalui fitur "Percentage of original widh x height".
    Cara Mudah Compress Foto/Gambar
  4. Jika anda telah menentukan pilihan tekan "Ok" dan jangan lupa save/save as file yang anda compress tadi.


Itulah tadi cara mudah meng-compress foto/hasil scan tanpa harus menjadi ahli editing foto.

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon