Meningkatkan Kunjungan Blog dengan Mengaktifkan Tema Mobile Blog

Jumlah pengguna internet khusunya di Indonesia kian hari kian meningkat. Hal ini seiring dengan pertumbuhan pengguna ponsel smartphone yang meningkat sehingga memudahkan masyarakat mengakses internet. Hal ini, sebenarnya menjadi kabar gembira bagi para blogger. Karena, dengan bertambahnya jumlah pengguna internet maka akan menjadi peluang kunjungan pada blog mereka menjadi meningkat. Kenapa harus meningkat dan selalu bertambah, karena pengunjung atau pembaca blog merupakan nyawa dari para blogger. Karena, percuma membuat blog jika tidak ada yang membaca. Dengan meningkatnya kunjungan blog pula, maka peluang meningkatnya pendapatan atau earning blog juga meningkat khusunya bagi blog yang telah di monetize.

Mungkin banyak yang bertanya berapa besar kunjungan dari smartphone atau mungkin ada yang masih ragu dengan jumlah kunjungan dari perangkat smartphone. Memang belum ada data yang pasti berapa besar jumlah pengunjung dari smartphone. Tetapi, saya akan menunjukkan statistik dari blog saya yang saya ambil dari google analityc:

Dari statistik tersebut, menunjukkan bahwa kunjungan dari sistem operasi android yang merupakan sistem operasi dari smartphone yaitu sebesar 41% lebih besar daripada kunjungan dari sistem operasi windows yang merupakan sistem operasi dekstop (komputer/laptop) yaitu sebesar 40%. Walaupun marginnya hanya kurang lebih 1% hal ini mungkin saja akan bertambah mengingat semakin bertambahnya pengguna smartphone.

Dari fakta di atas, sudah saatnya membuat blog kita menjadi blog yang mobile friendly. Sehingga kunjungan blog kita semakin meningkat dengan menjaring pengunjung yang menggunakan smartphone. Bagaimana caranya agar blog kita mobile friendly?.

Biasanya pada blogger secara otomatis blog kita telah mempunyai tampilan seluler atau mobile friendly. Tetapi untuk memastikannya kita bisa mengeceknya dibagian "Template" dan melihat tampilan seluler kita sudah aktif atau belum. Jika belum atau ada tulisan "Dinonaktifkan" kita dapat menggunakan langkah-langkah berikut untuk mengaktifkannya:

  1. Pada blogger kita masuk ke bagian "Template",
  2. Pada bagian "Template" langsung ada dua pilihan tampilan yaitu "Langsung di blog" dan "Seluler"
  3. Pada bagian "Seluler" arahkan dan tekan kursor pada gambar roda bergerigi dan akan muncul jendela baru disertai pertanyaan"Di perangkat seluler, menampilkan versi seluler template Anda saat ini"
  4. Selanjutnya, centang "Ya. Tampilkan template seluler di perangkat seluler"
  5. Untuk memilih tema/template blog seluler atau biarkan dia default. Selain menggunakan tampilan yang telah disediakan oleh blogger kita juga dapat menggunakan tampilan bawaan dari template kita sendiri. Caranya adalah dengan memilih khusus pada pilihan template seluler.
  6. Jika sudah, terakhir pilih "Simpan"

Seperti yang saya telah tulis sebelumnya, dengan banyaknya pengunjung versi mobile maka pendapatan dari blog akan meningkat pula. Apakah itu mungkin? mengingat tampilan blog versi mobile sangat sederhana dan berbeda sama sekali dengan tampilan dekstop. Beberapa widget mungkin tidak terlihat khusunya widget iklan yang dipasang pada side bar. Sebenarnya, untuk hal ini bisa kita antisipasi dengan memasang iklan pada artikel. Baik itu tepat di bawa judul artikel, tengah artikel ataupun di bawah artikel. Iklan akan tetap terlihat dan sudah saya coba pada blog saya ini. Sehingga anda tidak perlu khawatir jika iklan anda tidak tampil nantinnya pada versi mobile blog anda.

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon