Cara Menghilangkan Iklan Pada Mozila

Kali ini saya akan berbagi saya menggunakan browser Mozila Fire Fox yang entah kenapa selalu ada iklan yang muncul baik itu berupa iklan pop up, pop under ataupun floating ads (iklan melayang). Biasanya iklan-iklan tersebut hanya muncuk ketika kita membuka suatu web atau situs tertentu yang sengaja dipasang iklan oleh pemilik web. Namun kali ini berbeda kasunya, ketika saya ingin browser melalui google pada mozila iklan pun bermunculan secara otomatis ataupun pada saat saya menekan kursor pada laman mozila iklan muncul. Hal ini tentu sangat mengganggu.

Dari sana, saya mulai bertanya-tanya apakah mozila saya telah terkena virus? atau komputer saya telah terkena virus? Padahal saya sangat jarang menggunakan browser mozila dan jikalau komputer kena virus hal itu sangat kecil karena sudah saya scan dan hasilnya nihil. Kemudian saya browsing mengenai masalah saya. Hasilnya, saya menemukan artikel mengenai adware.

Adware sendiri kurang lebih merupakan program yang mencurigakan yang menempel pada software komputer anda dan akan mengirimkan iklan secara otomatis ketika anda melakukan aktifitas tertentu pada software yang diserangnya. Adware mampu menginstal dirinya sendiri melalui freeware ataupun shareware yang banyak beredar di internet. sehingga kita tidak akan tahu kapan  adware itu terinstal di komputer kita. Adware akan memantau kebiasaan kita dan ada pula yang dapat mencuri data kita. Tidak semua antivirus bisa mendeteksi keberadaan adware.

Bagaimana menghilangkan adware? ada beberapa piliha software yang bisa digunakan dalam menghilangkan adware. Namun, sebelum menggunakan software, cobalah tips dari saya. Cara ini cukup mudah tanpa intstal software tertentu. Berikut adalah langkah-langkahnya
pertama buka mozila anda,

  1. Buka open menu yang letaknya di pojok kanan atas
  2. Pilih add-ons 
  3. Kemudian pada Extensions carilah ektensi yang kirannya mencurigakan lalu pilih disable atau bahkan remove kalau memang benar-benar sudah yakin
  4. Begitu pula pada Plugins carilah plugin yang mencurigakan dan pilih never active pada plugin tersebut.
  5. Kemudian close tab add-on dan selesai


Sesuai dengan pengalaman saya dengan menggunakkan cara di atas iklan tidak muncul lagi pada mozila, dengan catatan cara ini saya lakukan sejak 5 hari yang lalu hingga artikel ini ditulis. Namun jika anda ingin cara yang lebih meyakinkan berikut ini ada beberapa pilihan software yang bisa digunakan untuk menghilangkan adware yaitu:

  • spychecker
  • spy boot searc & destroy
  • super anti spyware
  • malwarebytes
  • AdwCleaner
  • SpywareBlaster


Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon