Cara Mengetahui NISN Secara Online

Kita mengetahui bahwa dalam pengelolaan data siswa di sekolah ataupun perguruan tinggi biasanya setiap peserta didik akan memperoleh NIS (Nomor Induk Siswa) untuk sekolah sedangkan untuk pergeruan tinggi setiap mahasiswa akan mempunyai NIM (Nomor Induk Mahasiswa). Namun beberapa tahun lalu pemerintah secara nasional telah mengeluarkan layanan pendataan siswa secara nasional atau yang dikenal dengan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional). NISN biasanya digunakan untuk pendukung pendataan program pendidikan misalnya pendataan BOS, Ujian Nasional, penerimaan Beasiswa baik tingkat pusat, propinsi maupun kabupaten/kota. Untuk mengenal lebih jauh mengenai NISN simaklah penjelasan berikut

Sekilas tentang NISN

Cara Mengetahui NISN


NISN merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik  Kemdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan Nasional. Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan. Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. Mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN. Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online.. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh Pusat Sistem NISN tersebut ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdiknas.go.id./).

Tujuan dan Manfaat NISN


  1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit-unit Kerja di Kemdiknas, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: BOS (Bantuan Operasional Sekolah), Ujian Nasional, Pangkalan Data dan Informasi Pendidikan, Sistem Informasi Manajemen Sekolah hingga Beasiswa.

(Sumber : http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/dyn/2)

Bagaimana jika seorang siswa kehilangan kartu atau lupa NISN nya. Hal itu bisa diantisipasi dengan mencari data siswa tersebut secara online pada situs resmi NISN (http://nisn.data.kemdiknas.go.id./)

Cara Mengetahui NISN Secara Online

Pertama, kunjungi situs resmi NISN (http://nisn.data.kemdiknas.go.id./)
 Cara Mengetahui NISN\
Pada laman "Beranda" pilih "Data Siswa". Kita akan diarahkan ke laman Data Siswa
Cara Mengetahui NISN

Pada laman tersebut kita akan dihadapkan pada dua metode pencarian data siswa yaitu "Pencarian Berdasarkan NISN" dan "Pencarian Bersasarkan Nama". Oleh karena, kita akan mencari NISN maka kita pilih "Pencarian Berdasarkan Nama" dan tampilan laman "Data Siswa" akan berubah
Cara Mengetahui NISN
Masukkan identitas siswa yang kita cari NISNnya yaitu "Nama Siswa", "Tempat Lahir", dan "Tanggal Lahir" jika sudah pilih "Cari", maka akan muncul data siswa yang kita cari beserta NISNnya
Cara Mengetahui NISN
Perlu diperhatikan bahwa dalam memasukkan data siswa haruslah kombinasinya harus tepat, antara nama siswa, tempat lahir, dan tanggal lahir harus sesuai dengan data yang ada pada situs resmi NISN. Jika tidak sesuai maka kita tidak akan menemukan hasil. Untuk mengantisipasi hal tersebut kita harus mencoba kombinasi nama, tempat lahir, dan tanggal lahir beberapa kali hingga data ditemukan.

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon