Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Secara Online

Masalah kesehatan merupakan masalah yang sangat penting selain masalah ekonomi dan pendidikan. Kesehatan menjadi barang yang sangat mahal kini di tengah lingkungan yang semakin tidak bersahabat dan gaya hidup yang kian tidak bersahabat pula dengan tubuh manusia. Terlebih bagi warga masyarakat yang memiliki penghasilan pas-pasan. Namun, bagaimanapun kita menjaga kondisi agar tetap sehat kita tidak pernah tahu kapan sakit akan datang. Sakit tidak hanya datang dari kondisi tubuh yang lemah ataupun akibat serangan virus tetapi juga sakit juga bisa disebabkan oleh hal-hal lain seperti kecelakaan. Untuk itu, masyarakat harus siap dalam kondisi apapun jika nantinya sakit.

Kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan akhir-akhir ini semakin meningkat. Banyaknya masyarakat yang mendaftarkan diri pada perusahaan-perusahaan yang memberikan layanan asuransi serta perusahaan-perusahaan yang mulai memberikan jaminan bagi para karyawannya mengingat karyawan menjadi aset yang sangat berharga. Namun, tidak semua orang dapat menikmati layanan asuransi mengingat iuran asuransi cukup besar bagi masyarakat kecil. Maka dari itu timbul pertanyaan bagaimana menyediakan layanan jaminan ksehatan yang dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat? Sebagai jawaban dari masalah tersebut pemerintah telah membentuk suatu badan yang menyediakan layanan jaminan kesehatan yang dapat dijangkau sebagian besar masyarakat yaitu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) dalam hal ini BPJS Kesehatan. Melalui program BPJS Kesehatan masyarakat yang telah mendaftar memiliki jaminan kesehatan atau dengan kata lain masyarakat memiliki proteksi kesehatan dengan biaya yang bervariasi dan cukup terjangkau. Masyarakat sendiri dapat memilih layanan kesehatan yang sesuai kemampuannya. Juga fasilitas kesehatan yang terdekat dari tempat tinggalnya.
Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Secara Online

Namun, masih banyak keluhan terhadap layanan BPJS. Mulai dari possedur yang ribet hingga adanya diskriminasi layanan pada rumah sakit tertentu. Kemudahan yang diberikan selain biaya yang murah adalah pembayaran yang bisa dilakukan melalui bank yaitu bank Mandiri, bank BNI, dan bank BRI. Pembayaran juga bisa dilakukan dengan transfer melalui ATM sehingga sengat memudahkan kita dalam melakukan pembayaran iuran. Selain itu pendaftaran yang bisa dilakukan secara online melalui situs resmi BPJS Kesehatan yaitu http://bpjs-kesehatan.go.id/. Melalui situs resmi BPJS tersebut kita bisa mengecek tagihan iuran ataupun jumlah iuran yang telah kita bayarkan. Sehingga kita bisa tahu beraapa jumlah uang yang mesti kita transfer, jumlah denda (apabila ada keterlambatan pembayaran) serta berapa kali kita telah membayar iuran.

Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Secara Online

Cara untuk mengetahui jumlah tagihan BPJS Kesehatan secara online dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut.
Pertama, kita kunjungi situs resmi BPJS Kesehatan yaitu http://bpjs-kesehatan.go.id/
Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Secara Online
Dari laman "Beranda", pilih "Cek Pembayaran Iuran"
Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Secara Online
Dan kemudian akan muncul tab baru pada browser kita
Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Secara Online
Pada laman tersebut isi data dengan lengkap yaitu "No. Kartu BPJS" (tiga belas digit angka), "Tanggal Lahir", dan "Angka Validasi" yang tertera pada gambar, selajutnya tekan "Cek". Maka akan muncul rincian pembayaran yang telah kita lakukan dan tagihan yang belum dibayarkan.
Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Secara Online
Demikianlah cara cek tagihan BPJS Kesehatan secara online semoga bermanfaat. Selain secara online kita juga bisa memeriksa tagihan BPJS Kesehata melalui SMS, untuk itu silahkan baca artikel Cara Mudah Cek Iuran BPJS Kesehatan Lewat SMS.

10 komentar

min, cara vek iuran untuk karyawan yg dibayar perusahaan bagaimana ya ?

Nampaknya itu bpjs ketenagakerjaan biassanya besarnya iuran 8 persen gaji. Yang ditanggung pengusaha dan pekerja, klo tidak salah hitung-hitunganya 5% ditanggung pengusaha dan 3% oleh pekerja. untuk lebih jelasnya coba cek disitus resmi www.bpjsketenagakerjaan.go.id

Saya sdh cek tagihan sy tp kenapa tdk terupdate pembayaran saya ?

Nampaknya yang dicantumkan memang hanya tagihan per bulan beserta denda yang harus dibayarkan saja.

Teorinya aja gampang. Pada dasarnya giliran di coba cek tapi gal bisa. Geeembellllll

sepertinya masalah ada pada server nya BPJS coba lewat sms untuk infonya klik d sini http://www.madematika.com/2015/10/cara-mudah-cek-iuran-bpjs-kesehatan.html

sepertinya masalah ada pada server nya BPJS coba lewat sms untuk infonya klik d sini http://www.madematika.com/2015/10/cara-mudah-cek-iuran-bpjs-kesehatan.html

cek pembayaran iuran sekarang hanya bisa via sms gateway ya? di web bpjs nya saya liat tidak ada lagi menu cek pembayaran iuran lagi.

udah gak bisa cek online ?????? memang dibuat begitu

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon