Share Pengalaman: Cara Mengatasi Blog yang Diblokir oleh Google

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya, tepatnya pengalaman buruk saya menjadi seorang blogger. Beberapa waktu lalu sehabis melakukan posting pada blog dan meriview hasilnya. Saya sangat terkejut ternyata blog saya diblokir oleh google.

Cara Mengatasi Blog yang Diblokir oleh Google

Dari peringatan yang dimunculkan oleh google  ada dugaan bahwa blog saya mengandung malware. Saya merasa kebingungan, kenapa hal itu bisa terjadi? Kemudian saya coba mencari solusinya dengan melakukan browsing.

Dan akhirnya saya menemukan jawaban kenapa blog saya bisa mengandung malware atau badware. Hal ini bisa terjadi karena beberapa kemungkinan yaitu komputer yang saya gunakan terkena virus sehingga, serangan hacker, serta iklan yang saya tampilkan mengarahkan pengunjung ke laman yang mengandung malware/badware atau mengarahkan pengunjung ke laman yang melakukan "phishing". Phishing adalah upaya suatu web yang ingin mengelabui kita agar mengungkap informasi pribadi dengan berpenampilan seperti sumber resmi, seperti bank, jaringan sosial, atau bahkan Google.

Dari kemungkinan-kemungkinan tersebut saya mulai dengan dugaan yang pertama yaitu komputer yang terkena virus. Saya kemudian mencoba melakukan scan pada komputer saya dan hasilnya ternyata nihil. Kemudian saya mulai mengingat-ingat kembali hal terakhir yang saya lakukan sebelum blog saya diblokir olehh google.

Dan dugaan saya mengarah pada script iklan yang saya pasang pada blog saya. Jujur saja pada blog saya pasang bebrapa jenis iklan yaitu iklan PPC, POPUP, dan Slider dari beberapa penyedia iklan yang berbeda. Kemudian saya copot semua iklan tersebut dar blog saya.

Selanjutnya, setelah saya copot script iklan yang mencurigakan saya mengajukan permintaan review pada google dalam hal ini adalah saya melaporkan bahwa telah terjadi kesalahan peringatan phishing. Kita bisa melaporkan telah terjadi kesalahan peringatan phishing melalui link ini. Kurang lebih tampilannya seperti berikut
Cara Mengatasi Blog yang Diblokir oleh Google

Untuk melaporkan bahwa telah terjadi kesalahan peringatan phishing, isi lengkap data yang diperlukan dalam hal ini kita hanya mengisi kolom URL blog yang terblokir kemudian centang "Saya bukan robot" akan muncul captha. Ketik captha pada kolom yang disediakan setelah selesai tekan "kirim laporan". Untuk kolom "komentar" bisa kita abaikan karena hal itu opsional.

Setelah menunggu kurang lebih 1 jam blog saya sudah bisa dibuka dengan normal kembali. Nah itulah tadi share pengalaman saya mengatasi blog yang diblokir oleh google. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon