Kisi-Kisi UKG Mata Pelajaran Matematika tahun 2015

Tidak jauh berda dengan kisi-kisi UKG mata pelajaran Matematika tahun 2014,  kompetensi yang diujikan dalam kisi-kisi UKG tahun 2015 nanti tetap sama yaitu kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.  Sekedar untuk diketahui ada 4 kompetensi yang harus dimiliki oleh guru yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, profesional serta kompetensi sosial.

Kompetensi Pedagogik yaitu kompetensi yang  menyangkut kemampuan seorang guru dalam memahami karakteristik atau kemampuan yang dimiliki oleh murid melalui berbagai cara. Cara yang utama yaitu dengan memahami murid melalui perkembangan kognitif murid, merancang pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi hasil belajar sekaligus pengembangan murid. Kompetensi Kepribadian merupakan kemampuan personal yang harus dimiliki oleh guru profesional dengan cara mencerminkan kepribadian yang baik pada diri sendiri, bersikap bijaksana serta arif, bersikap dewasa dan berwibawa serta mempunyai akhlak mulia untuk menjadi sauri teladan yang baik. Kompetensi Profesional adalah salah satu unsur yang harus dimiliki oleh guru yaitu dengan cara menguasai materi pembelajaran secara luas dan mendalam. Serta Kompetensi Sosial adalah salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik melalui cara yang baik dalam berkomunikasi dengan murid dan seluruh tenaga kependidikan atau juga dengan orang tua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar.

Sementara yang diujikan dalam UKG tahun ini hanyalah kometensi Pedagogik dan kompetensi Profesional yang dibagi kedalam beberapa Standar Kompetensi (SK). Untuk detail kompetensinya anda bisa mendapatkan kisi-kisi UKG mata pelajaran Matematika tahun 2015 di sini. Atau bisa langsung  pada laman resminya yaitu http://sergur.kemdiknas.go.id/

Yang menjadi sorotan lain dalam kisi-kisi tersebut adalah banyaknya kesalahan dalam penulisan kisi-kisi. Contohnya adalah banyaknya SK maupun KD yang ditulis lebih dari sekali.

Semoga bermanfaat :)

Update Kisi-Kisi UKG untuk November 2015 kunjungi tautan ini

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon