Berberapa Istilah yang Perlu Diketahui dalam Menggambar Bangun Ruang

Mungkin diantara kita pernah diminta oleh guru matematika kita untuk menggambar bangun ruang, seperti balok, kubus, prisma, dan limas. Dan dari sana, kita mulai mengenal istilah-istilah dari bangun ruang seperti rusuk, titik sudut, diagonal bidang, diagonal ruang, bidang sisi, bidang diagonal dan lainnya. 

Namun, ternyata ada beberapa istilah yang mungkin asing bagi kita dalam bangun ruang. Beberapa istilah-istilah tersebut seperti bidang frontal, bidang orthogonal, garis frontal, garis orthogonal serta sudut surut. Nah, untuk menambah pengetahuan kita mengenai istilah-istilah tersebut kali ini kita akan membahas mengenai istilah-istilah tersebut. Agar lebih mudah memahami istilah-istilah tersebut kita akan menggunakan gambar kubus ABCD.EFGH sebagai contoh.


Berberapa Istilah yang Perlu Diketahui dalam Menggambar Bangun Ruang
www.madematika.com
ABCD.EFGH merupakan sebuah kubus yang digambar pada sebuah bidang datar.

A. Bidang Gambar
Bidang gambar merupakan suatu bidang sebagai tempat untuk menggambar bangun ruang. Bidang gambar selalu menghadap ke muka pengamat.

B. Bidang Frontal
Bidang frontal adalah bidang yang sejajar dengan bidang gambar. Bidang frontal ukurannya sama dengan ukuran sebenarnya. Sebagai contoh perhatikan gambar kubus di atas yang termasuk bidang frontal adalah ABFE dan DCGH.

C. Bidang Orthogonal
Garis orthogonal merupakan bidang yang tegak lurus dengan bidang frontal dengan bidang frontal. Bentuk dan ukuran bidang orthogonal digambarkan  tidak sama dengan bentuk dan ukuran yang sebenarnya. Sebagai contoh, yang termasuk bidang orthogonal pada kubus ABCD.EFGH di atas adalah ABCD, EFGH, BCGF, dan ADHE.

D. Garis Frontal
Garis frontal terletak pada bidang frontal. Berdasarkan arahnya, garis frontal dibedakan menjadi garis frontal horisontal (mendatar) dan garis frontal vertikal (tegak lurus). Yang termasuk garis frontal horisontal pada kubus ABCD.EFGH adalah garis-garis AB, FE, HG, dan DC. Sedangkan, garis frontal vertikal adalah garis-garis AE, BF, CG, dan DH. 

E. Garis Orthogonal
Garis orthogonal merupakan garis yang tegak lurus bidang frontal. Contohnya pada kubus ABCD.EFGH di atas adalah garis-garis AD, BC, FG, dan EH.

F. Sudut Surut atau Sudut Menyisi
Sudut surut merupakan sudut yang terbentuk antara garis frontal horisontal ke kanan dengan garis orthogonal ke belakang. Sudut surut digambarkan sebagai sudut tumpul atau sudut lancip meskipun ukuran sebenarnya adalah sudut siku-siku. Contohnya adalah sudut DAB dan sudut HEF.

Semoga bermanfaat :)

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon