Datum dan Data


Dalam statistika dikenal beberapa istilah, beberapa diantaranya adalah datum dan data. Datum adalah keterangan atau informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan, dapat berupa angka lambang  atau sifat. Sedangkan data adalah kumpulan dari datum. Untuk lebih memahami perbedaan data dengan datum perhatikan contoh di bawah.
Datum dan Data

Data sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis. Ditinjau dari jenisnya, suatu data dapat dibedakan menjadi dua yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif, yaitu data yang bukan merupakan bilangan.  Sebagai contoh data kualitatif misalnya data tingkat kepuasan seseorang terhadap suatu layanan yang biasanya dinyatakan dengan puas, kurang puas, atau sangat memuaskan.

Sedangkan data kuantitatif, yaitu data yang berupa bilangan. Sebagai contoh adalah data tentang banyaknya jumlah penduduk pada suatu desa, data berat badan siswa dan lainnya.

Data juga dibedakan dari cara mendapatkannya. Ditinjau dari cara mendapatkannya, data dibedakan menjadi data cacahan dan data ukuran. Data cacahan, yaitu data yang diperoleh dengan cara mencacach atau menghitung.  Sebagai contoh, data tentang jumlah guru di suatu kecamatan.

Sedangkan data ukuran, yaitu data yang diperoleh dengan cara mengukur. Sebagai contoh adalah data luas sawah di suatu desa.

Semoga bermanfaat :)

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon