Sinyal Penyempurnaan Kurikulum 2013 Semakin Kuat

Kurikulum 2013 yang telah berjalan 1 tahun lebih dan menuai banyak kontroversi nampaknya kini mulai mendapat perhatian dari Menteri Pendidikan kita yang baru. Beberapa waktu yang lalu beliau mengunjungi salah satu SMA Negeri di jakarta.

Kunjungan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan ke SMA Negeri 87 Rempoa, Jakarta Selatan, Rabu (12/11/2014) menguatkan sinyal bahwa akan ada penyempurnaan kurikulum. Pasalnya, kunjungan tersebut dimaksudkan untuk mendengarkan aspirasi pendidik dan peserta didik, sebagai masukan untuk menyempurnakan Kurikulum 2013. Menurutnya, Pendidik dan peserta didik bukanlah penginisiasi kurikulum, tetapi sebagai pengguna kurikulum, oleh sebab itu perlu didengarkan aspirasinya.

Selain itu, Mendikbud tidak ingin ada pendapat bahwa ganti Menteri ganti Kurikulum untuk itu Kurikulum tidak perlu diganti melainkan disempurnakan.

Mendikbud mengatakan selama beberapa waktu ini ia ingin melihat dan memantau terlebih dahulu pelaksanaan Kurikulum 2013 di lapangan. Hasil pantauan tersebut dapat digunakan sebagai bahan kajian konsep yang lebih tepat untuk diterapkan dalam menyempurnakan kurikulum yang sudah berjalan. Ia pun akan membuat tim independen untuk melakukan pengkajian Kurikulum 2013

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon