Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Jenjang SMP

Kurikulum 2013 secara masif akan diberlakukan mulai tahun pelajaran 2014/2015. Yang artinya tinggal beberapa bulan lagi. Penting rasanya untuk kita mengetahui beberapa hal mengenai kurikulum 2013. Beberapa hal tersebut salah satunya adalah dalam hal penilaian. Dibandingkan kurikulum sebelumnya (KTSP), penilaian pada kurikulum 2013 tidak hanya ditekankan pada aspek pengetahuan (kognitif) saja melainkan mencakup juga aspek sikap (afektif) dan aspek keterampilan (psikomotor). Dalam penilaian kurikulum 2013 dikenal istilah penilaian otentik. Penilaian otentik merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai mulai dari masukan (input), proses,dan keluaran (output) pembelajaran.

Penilaian pada aspek pengetahuan dan keterampilan kurikulum 2013 dilakukan oleh guru dengan rentangan nilai yang diberikan adalah skala 1-4 dengan kelipatan 0,33 berbeda dengan kurikulum sebelumnya menggunakan rentangan 1-100. Selain perbedaan rentangan penilaian aspek pengetahuan dan keterampilan juga mencantumkan predikat berdasarkan nilai yang diperoleh siswa. Untuk penilaian pengetahuan guru dapat menilai melalui tes tulis, tes lisan, dan penugasan. Pada aspek keterampilan guru dapat menilaianya melalui penilaian kinerja, yaitu penilaian yang menuntut peserta didik mendemonstrasikan suatu kompetensi tertentu dengan menggunakan tes praktik, projek, dan penilaian portofolio.

Sedangkan, pada aspek sikap dibagi menjadi dua yaitu sikap spiritual dan sikap sosial. Dimana penilaianya hanya mencantumkan predikat yang dieroleh siswa. Pada jenjang SMP, nantinya pada raport yang akan diterima siswa selain dicantumkan predikat, dalam penilaian sikap juga dicantumkan keterkaitan antar mata pelajaran yang berisi deskripsi kesimpulan dari sikap peserta didik secara keseluruhan dalam mata pelajaran. Kesimpulan tersebut diperoleh melalui koordinasi bersama dengan guru mata pelajaran pada kelas yang sama. Teknik yang dapat digunakan guru dalam menilai sikap siswa diantaranya observasi, penilaian diri, penilaian antarpeserta didik, atau jurnal.

Selain hal di atas, pada raport juga dicantumkan mengenai deskripsi pengetahuan, keterampilan, sikap spiritual, dan sikap sosial tiap mata pelajaran diperoleh dari guru mata pelajaran. Begitu banyak hal yang harus diketahui dan dipelajari dalam melakukan penilaian kurikulum 2013, maka dari itu saya akan berbagi panduan penilaian kurikulum 2013. Dimana dalam panduan tersebut sudah dijelaskan secara terperinci mengenai penilaian kurikulum 2013. Panduan ini berbentuk file doc yang bisa diunduh pada link-link berikut.




Semoga bermanfaat :)

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon