Deskripsi Pencapaian Kompetensi Kurikulum 2013

Dalam penilaian kurikulum 2013 ada 3 aspek yang harus dinilai yaitu sikap, pengetahuan, serta keterampilan. Dalam pelaporan (raport) hasil belajar siswa nantinya, tidak hanya nilai yang dicantumkan melainkan juga deskripsi pencapaian kompetensi siswa. Setiap aspek yang dinilai baik sikap, pengetahuan, maupun keterampilan guru wajib memberi deskripsi pencapaian kompetensi siswa. Hal ini, sesuai dengan lampiran Permendikbud Nomor 66  Tahun 2013 Bab II, Bagian E poin e nomor 1) dan 2) menyatakan bahwa penilaian pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas laporan hasil penilaian oleh pendidik yang berbentuk:

  1. nilai dan/atau deskripsi pencapaian kompetensi, untuk hasil penilaian kompetensi pengetahuan dan keterampilan termasuk penilaian hasil pembelajaran tematik-terpadu.
  2. deskripsi sikap, untuk hasil penilaian kompetensi sikap spiritual dan sikap sosial.

Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana caranya membuat deskripsi pencapaian kompetensi siswa tersebut? Deskripsi pencapaian kompetensi siswa, secara umum dapat diisi dengan kalimat yang menggambarkan mengenai kompetensi apa yang paling menonjol atau paling dikuasai siswa yang bersangkutan dalam suatu mata pelajaran tertentu serta kompetensi mana yang memerlukan usaha pengembangan. Secara lebih rinci, berikut ini akan saya jabarkan deskripsi pencapaian kompetensi dari setiap aspek:

Pengetahuan
Diisi dengan kalimat positif tentang apa yang menonjol terkait kemampuan anak dalam tiap muatan pelajaran dan apa yang perlu usaha pengembangan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas yang diikutinya

Ketrampilan
Diisi dengan dalam kalimat positif tentang apa yang menonjol dan apa yang perlu usaha-usaha pengembangan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas yang diikutinya

Sikap
Hampir sama dengan aspek keterampilan yaitu diisi dengan dalam kalimat positif tentang apa yang menonjol dan apa yang perlu usaha-usaha pengembangan untuk mencapai kompetensi yang ditetapkan pada kelas yang diikutinya

Sebagai contohnya, berikut ini merupakan deskripsi pencapaian kompetensi mata pelajaran Teknologi Dasar Otomotif yang saya kutip dari juknis model raport SMK
Pengetahuan
Sudah memahami semua konsep keterampilan, kecuali  peran aktivitas fisik dalam pencegahan penyakit dan pengurangan biaya perawatan kesehatan. Perlu lebih tekun dalam memahami peran aktivitas fisik dalam pencegahan penyakit dan pengurangan biaya perawatan kesehatan.

Keterampilan
Sudah memiliki kompetensi keterampilan dasar otomotif, namun kurang memperhatikan aspek keselamatan kerja. Perlu lebih teliti memperhatikan aspek keselamatan kerja dalam melakukan kegiatan praktik baik di dalam maupun di luar bengkel. 

Sikap
Sudah menunjukkan kepedulian terhadap masalah sepeda motor dan berperilaku ilmiah (tekun, teliti, jujur menyajikan data dan fakta), namun kurang percaya diri  dalam  mengajukan pertanyaan dan berargumentasi secara lisan. Perlu berlatih meningkatkan kepercayaan diri untuk berani berargumentasi secara lisan.

Semoga bermanfaat :)

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon