TRIK: Sulap Matematika Menebak Umur Seseorang

http://mademathika.blogspot.com/
Matematika bukan hanya soal hitung menghitung saja, tetapi matematika juga bisa sebagai hiburan atau melalu konsep matematika kita dapat membuat suatu permainan. Nah, kali ini saya akan berbagi salah satu trik atau sulap matematika yaitu menebak umur seseorang. Untuk melakukan trik ini anda memerlukan seorang relawan atau asisten untuk membantu anda dimana, anda tidak tahu berapa umur orang tersebut (usahakan umurnya sudah memiliki dua digit angka) untuk lebih meyakinkan mintalah kepada orang yang anda baru kenal atau bahkan tidak anda kenal. Ketika anda akan memulai trik ini menjauhlah sedikit darinya untuk meyakinkan bahwa anda tidak melihat apa yang ditulisnya.

Langkah-langkah yang dilakukan dalam trik ini adalah sebagai berikut.

Langkah pertama, mintalah dia menuliskan umurnya di sebuah kertas. Sebagai contoh misalnya umurnya adalah 24.

Langkah kedua, kemudian mintalah dia menuliskan "angka keberuntungan anda" di bawah umurnya. Katakan kepadanya bahwa "angka keberuntungan anda" adalah 90.

Langkah ketiga, mintalah dia untuk menjumlahkan kedua bilangan tersebut. Sesuai contoh maka akan terlihat seperti gambar berikut

Langkah keempat, kemudian mintalah dia untuk memindahkan digit paling kiri hasil penjumlahan tadi ke bawahnya sehingga akan terlihat seperti gambar berikut

Langkah kelima, kemudian anda katakan bahwa kita sudah mndapatkan sebuah angka yang tentu tidak ada hubungannya dengan umurnya. Dan mintalah dia untuk menyebutkan angka tersebut. Misalnya dalam contoh disebutkan 15

Langkah keenam, dari angka yang disebutkan tadi ini anda sudah bisa langsung menebak umur orang tersebut. Dengan hanya menambahkan angka tersebut dengan 9 (lakukanlah secara diam-diam atau hitung dalam pikiran anda). Dalam contoh maka 15 + 9 = 24. Dan tepuk tangan akan anda dapatkan dari para penonton.

Trik ini dapat anda modifikasi dengan cara anda. Anda dapat mengganti "angka keberuntungan anda" sesuka anda (sebaiknya tetap dua digit angka dan di atas 89). Misalnya jika anda ingin mengganti "angka keberuntungan anda" dengan 95 maka pada langkah terakhir anda tambahkan dengan 4 (secara diam-diam) untuk mendapatkan umur orang yang sedang anda tebak.

Mungkin anda bertanya-tanya kenapa jika 90 maka 9 dan 77 maka 22? menambahkan 9 ataupun 5 didapat dari pengurangan 99 dengan " angka keberuntungan anda" misalnya pada kasus 95 maka perlu ditambahkan pada langkah terakhir dengan 4 hal ini didapat dari 99 - 95 = 4. Selamat mencoba.

Semoga bermanfaat :)

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon