Pembahasan Soal UN Matematika SMK Kelompok Teknologi, Kesehatan dan Pertanian Tahun Pelajaran 2012/2013

Ujian Nasional (UN)masih menjadi momok bagi siswa yang akan mengikutinya. Ujian yang hanya berlangsung tiga hingga empat hari ini menjadi syarat utama seorang siswa dapat dikatakan telah menyelesaikan suatu jenjang pendidikan dan berhak untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sejak pertama kali diselenggarakan UN beberapa kali mengalami perubahan. Mulai dari passing grade kelulusan hingga pada jumlah paket soal yang diujikan. Mulai tahun pelajaran 2012/2013 lalu, UN diselenggarakan dengan jumlah paket soal 20. Sehingga dalam satu ruangan tiap anak mendapatkan soal yang berbeda-beda. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kecurangan yang terjadi pada saat UN serta meningkatkan kualitas hasil UN itu sendiri. Pada tahun ini format ujian tidak banyak yang berubah dan jumlah paket soal masih 20. Ujian Nasional Tahun 2014 ini dibagi menjadi beberapa 8 regional. Nantinya, variasi paket soal ditiap regional tersebut berbeda-beda. Sehingga data kita hitung terdapat 160 paket soal yang akan diujikan Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan untuk seluruh jenjang pendidikan (SD, SMP, SMA, dan SMK).

Matematika kerap menjadi momok siswa dalam mengikuti ujian nasional. Karena sebagian besar siswa beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit. Untuk itu dalam kesempatan ini penulis mencoba membantu para siswa yang merasa kesulitan dalam mempelajari matematika dengan membuat pembahasan salah satu paket soal UN Matematika SMK Kelompok Teknologi, Kesehatan, dan Pertanian tahun pelajaran 2012/2013 lalu yang penulis unduh dari http://urip.wordpress.com/. Dengan dibuatnya pembahasan soal ini penulis berharap dapat bermanfaat membantu dan mempermudah para siswa ataupun pihak lainnya mempelajari dan memahami cara penyelesaian soal-soal dan nantinya mampu menerapkan kembali. Untuk mengunduh file pembahasannya silahkan unduh melalui tautan ini.

Penulis menyadari bahwa banyak kekurangan dalam pembahasan soal terserbut. terlebih jika ada kekeliruan dalam pembahasan soal tersebut untuk itu penulis berharap berkenan untuk memberi saran ataupun kritik. Dan penulis mohon maaf apabila ada hal yang kurang berkenan bagi para pembaca dalam pembahasan soal tersebut.

Semoga bermanfaat :)

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon