Bilangan Palindrome

Bilangan Palindrome? mungkin masih awam ditelinga kita. Tetapi bilangan palindrome mungkin tidak asing lagi bagi para praktisi matematika. Bilangan palindrome sendiri baru saya kenal, ketika sedang mencoba-coba iseng menjawab soal olimpiade hee..tapi jujur bikin kepala senut-senut dan stres kalo ga ketemu jawaban. Nah pada saat itu saya menemukan soal yang berkaitan dengan bilangan palindrome, yang soalnya "Bilangan palindrome terkecil yang hasil kalinya dengan 101 bukan merupakan bilangan lima angka adalah..." Nah lo..kepala langsung muter-muter. Apalagi saya belum pernah mendengar yang namanya bilangan palindrome. Karena saya tidak tahu harus berbuat apa lagi, saya langkahi dulu soal tersebut dan melanjutkan mencoba soal-soal yang lain.

Selang beberapa lama rasa penasaran saya akan bilangan palindrome akhirnya mendorong saya untuk mencari tahu. Akhirnya ketemu juga sumber mengenai apa itu bilangan palindrome. Penjelasannya menurut saya sangat singkat tetapi menurut saya bisa dipahami. Nah kali ini saya akan berbagi mengenai bilangan palindrome.

Bilangan palindrome adalah sebuah bilangan bulat yang dibaca sama dari kiri ke kanan maupun dari kanan ke kiri. Contohnya 22 (merupakan bilangan palindrome 2 angka), 434 (merupakan bilangan palindrome 3 angka), 9229 (merupakan bilangan palindrome 4 angka), 12721 (merupakan bilangan palindrome 5 angka) dan seterusnya. 

Selain itu, dikenal juga bilangan palindrome lainnya seperti Bilangan Palindrome Jumlah (disingkat BPJ) adalah bilangan yang jika banyak digitnya bulat, maka jumlah dari setengah digit yang pertama sama dengan jumlah dari setengaah digit yang terakhir. Dan jika baanyak digitnya ganjil, maka jumlah semua digit di sebelah kiri dan kanan digit yang berada di tengah sama.
Contoh : 2011 (2 + 0 = 1 + 1), 12730 (1 + 2 = 3 + 0), dan 223322 (2 + 2 + 3 = 3 + 2 + 2)

Bilangan Palindrome Kali (disingkat BPK) adalah sejenis dengan bilangan palindrome jumlah (penjumlahan diganti perkalian) Contoh : 100300 (1 x 0 x 0 = 3 x 0 x 0), 2361 (2 x 3 = 6 x 1). Jika hasil perkalian kedua sisi tidak sama dengan nol (0), maka disebut BPK Tidak Nol.

Semoga bermanfaat :)

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon