Angka Baku dan Koevisien Variasi

Angka Baku (Z Score)
Angka baku adalah nilai yang menyatakan perbandingan antara selisih data dengan rata-ratanya berbanding simpangan baku data tersebut. Angka baku disebut juga Z score, oleh karena itu angka baku dilambangkan dengan huruf Z Kegunaan angka baku ini adalah untuk mengetahui perbedaan suatu kejadian dibanding dengan kebiasaannya. Semakin besar angka bakunya semakin baik nilai tersebut dibandingkan dengan nilai lain yang memiliki angka baku lebih kecil. Angka baku dirumuskan sebagai berikut:
clip_image002
Keterangan
Z= angka baku
xi = nilai suatu data
clip_image004 = rata-rata hitung
S = Simpangan baku

Contoh:
Diketahui angka baku nilai ulangan matematika suatu kelas 1,5 dan simpangan bakunya 2. Jika Ayu berada di kelas tersebut nilai ulangan matematikanya 70, maka rata-rata ulangan di kelas tersebut adalah … (UN SMK Pariwisata 2012)
Jawab:
clip_image006
Jadi rata-rata ulangan di kelas tersebut adalah 67

Koevisien Variasi (KV)
Koefisien variasi adalah perbandingan antara simpangan baku dengan rata-rata suatu data dan dinyatakan dalam %. Koefisien variasi dirumuskan sebagai berikut
clip_image008
Keterangan
KV= koefisien variasi
clip_image004[1] = rata-rata hitung
S = Simpangan baku

Contoh:
Nilai rata-rata ulangan Matematika kelas XII adalah 80. Tentukan koefisien variasi kelas XII itu jika simpangan standar di kelas tersebut adalah 4,2. (UN SMK Pariwisata 2012)
Jawab:
clip_image011
Jadi koefisien variasinya adalah 5,25%

Semoga bermanfaat :)

2 komentar

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon