Penalaran Induktif dan Deduktif


Penalaran adalah proses berfikir yang logis dan sistematis atas fakta-kata empiris yang dapat diobservasi untuk memperoleh simpulan berupa pengetahuan. Penalaran juga dapat diarikan sebagai suatu proses berpikir khusus dimana terjadi penarikan kesimpulan, dimana kesimpulan diambil berdasar pada premis yang ada. Dengan kata lain, penalaran adalah proses yang berusaha menghubung-hubungkan fakta-fakta atau evidensi-evidensi yang diketahui menuju kepada suatu kesimpulan atau pernyataan yang baru. Pada dasarnya, terdapat dua macam penalaran, yaitu penalaran induktif (induksi) dan penalaran deduktif (deduksi).

1. Penalaran Indukstif (Induksi)
Penalaran induktif (induksi) merupakan suatu kegiatan, suatu proses atau suatu aktivitas berpikir untuk menarik suatu kesimpulan atau membuat suatu pernyataan baru yang bersifat umum (general) berdasar pada beberapa pernyataan khusus yang diketahui benar


2. Penalaran Deduktif (Deduksi)
Deduksi atau penalaran deduktif, merupakan kebalikan dari penalaran induktif. Pada penalaran deduktif, terjadi proses penarikan kesimpulan dari hal-hal atau kasus-kasus yang bersifat umum (general) ke hal-hal yang bersifat khusus.

Semoga bermanfaat :)

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon