Istilah Kompetensi Inti pada Kurikulum 2013


Dalam kesempatan saya akan memposting mengenai istilah Kompetensi Inti. Dalam kurikulum 2013 tidak dikenal lagi istilah Standar Kompetensi (SK) sekarang terdapat istilah baru yaitu Kompetensi Inti (KI). 


KI dalam Permendikbud No. 65 tahun 2013 tentang Standar Proses merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Dalam Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan disebutkan bahwa KI adalah adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang Peserta Didik pada setiap tingkat kelas atau program. 

Kompetensi inti dirancang seiring dengan meningkatnya usia peserta didik pada kelas tertentu. Melalui kompetensi inti, integrasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada kelas yang berbeda dapat dijaga.

Rumusan kompetensi inti menggunakan notasi sebagai berikut:
Kompetensi Inti-1 (KI-1) untuk kompetensi inti sikap spiritual
Kompetensi Inti-2 (KI-2) untuk kompetensi inti sikap sosial
Kompetensi Inti-3 (KI-3) untuk kompetensi inti pengetahuan
Kompetensi Inti-4 (KI-4) untuk kompetensi inti keterampilan

Bila anda ingin mengetahui rincian KI setiap mata pelajaran pada setiap jenjang silahkan kunjungi laman ini. Dan dapatkan Permendikbud No. 67, 68, 69 atau 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum sesuai jenjang pendidikannya.

Sekian, semoga bermanfaat ?

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon