PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI BELAJAR

(sumber:http://www.bppk.depkeu.go.id/bdk/medan/images/stories/motivasi-belajar-dari-kesalahan1.jpg)

Kita semua mungkin tidak merasa asing dengan istilah belajar, karena istilah ini tidak terbatas penggunaannya dalam kegiatan formal pendidikan di sekolah, akan tetapi juga dipergunakan untuk menyatakan aktivitas keseharian yang bekenaan dengan upaya untuk mendapatkan informasi, pengetahuan atau keterampilan baru yang belum diketahui atau untuk memperluas dan memperkokoh pengetahuan tentang sesuatu yang telah dimiliki sebelumnya.

        Pengertian belajar dapat kita temukan dalam berbagai literatur. Meskipun kita melihat ada perbedaan-perbedaan di dalam rumusan pengertian belajar tersebut dari masing-masing ahli, namun secara prinsip kita menemukan kesamaan-kesamaannya. Dalam pengertian umum dan sederhana belajar seringkali diartikan ebagai aktivitas untuk memperoleh pengetahuan. Menurut Winkel belajar adalah suatu aktivitas mental / psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilakn perubahan - perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, ketrampilan, dan sikap-sikap. Sedangkan, Abdillah dalam Aunurrahman (2009) menyimpulkan bahwa belajar adalah suatu usaha sadar yang dilakukan oleh individu dalam perubahan tingkah laku baik melalui latihan dan pengalaman yang menyangkut aspek-aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik untuk memperoleh tujuan tertentu.

Dari pengertian belajar di atas, kita menemukan ciri-ciri umum belajar yaitu:


  1. Belajar menunjukkan suatu aktivitas pada diri seseorang yang disadari atau disengaja. 
  2. Belajar merupakan interaksi individu dengan lingkungannya. Lingkungan dalam hal ini dapat berupa manusia atau obyek-obyek lain yang memungkinkan individu memperoleh penglaman-pengalaman atau pengetahuan.
  3. Hasil belajar ditandai dengan perubahan tingkah laku. Perubahan tingkah laku pada umumnya merupakan sesuatu perubahan yang dapat diamati (observable). Perubahan tingkah laku sebagai hasil belajar juga dapat menyentuh pada aspek afektif, termasuk aspek emosional yang dalam hal ini tidak mudah dilihat dalam waktu yang singkat.


Sumber:
Aunurrahman.2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
http://carapedia.com/pengertian_definisi_belajar_menurut_para_ahli_info499.html

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon