Mengapa Harus Mempelajari Matematika


(sumber: http://2.bp.blogspot.com/-V7CcupaxsM4/T_Ek59ry8OI/AAAAAAAAAmQ/vRY0jKXBOrI/s400/154301_belajar-matematika_641_452.jpg)

Mengapa setiap orang harus belajar matematika? Pertanyaan itu mungkin sering kita dengar atau bahkan kita sendiri yang pernah menanyakan pertanyaan tersebut. Dilihat dari pengertiannya matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern, memiliki peran penting dalam berbagai disiplin ilmu lainnya dan dapat memajukan daya pikir manusia. Dengan belajar matematika setiap orang akan dibekali dengan kemampuan agar dapat berpikir secara logis, analitis, sistematis, kritis, dan kreatif, serta memiliki kemampuan untuk bekerjasama.Dalam matematika seseorang akan dapat menyalurkan ide atau gagasan dengan menalar. Hal tersebut yang menjadi bagian penting kenapa seseorang harus belajar matematika. Ide yang disampaikan harus dituliskan dengan bahasa yang dapat dimengerti sehingga dapat dijadikan sebuah pernyataan yang sudah jelas nilai kebenarannya.
Dalam dunia pendidikan, Matematika merupakan bagian tak terpisahkan dari pendidikan secara umum. Gagasan-gagasan matematika seperti bilangan, ruang, pengukuran, dan susunan, telah beratus-ratus bahkan ribuan tahun digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh sebagian besar manusia. Gagasan-gagasan itu juga digunakan dalam sains, ekonomi, dan desain. Bahkan dalam teknologi informasi dan komunikasi juga digunakan jasa dan peranan penting matematika. 
Matematika juga banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari yang melibatkan bilangan dan kuantifikasi. Dalam membangun rumah dan dalam perdagangan kita membilang, mengukur dan melakukan perhitungan sederhana. Kita juga menggunakan bidang dan ruang (spatial) serta pengukuran untuk membaca peta rumah kita, untuk menentukan berapa banyak diperlukan cat dalam mengecat dinding rumah dan seterusnya. 
Matematika juga digunakan di tempat bekerja meskipun penggunaannya tidak terkait langsung dengan matematika yang dipelajari di sekolah. Misalkan memeriksa jumlah uang yang akan dibayarkan untuk gaji karyawan jelas memerlukan kemampuan matematika. Membaca tabel dan informasi yang tersaji dalam tabel dan grafik perlu pemahaman matematika secara baik. Membuat blueprint menetapkan berapa banyak kertas yang diperlukan, untuk membuat brosur dan susunan pola, dan skala untuk meminimalkan penggunaan kertas ini memerlukan kemampuan kompetensi matematika. Melakukan pengukuran, perhitungan rata-rata, membandingkan semuanya merupakan bagian penting dari sistem pengawasan mutu. Jelas bahwa IPA, teknik dan komputer dianggap sebagai ilmu pengetahuan yang memerlukan jasa matematika sangat tinggi. Bidang-bidang seperti geografi, biologi, seni, ekonomi, pola desain, dan manajemen semuanya memerlukan matematika teknik, demikian juga dunia industri, perdagangan, sosial, dan perencanaan ekonomi dan sistem komunikasi memerlukan matematika yang sangat tinggi.
Matematika merupakan bahasa untuk menjelaskan kejadian-kejadian umum dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kejadian yang kompleks seperti dalam bisnis, sains ataupun teknologi. Ketika suatu keluarga merencanakan untuk pergi berwisata, maka mereka menggunakan matematika untuk memperkirakan seberapa jauh mereka akan menempuh perjalanan, waktu yang diperlukan selama wisata dan untuk pulang dan pergi, berapa banyak bahan bakar yang diperlukan, berapa banyak makanan dan perbekalan lainnya diperlukan, dan berapa biaya yang diperlukan untuk pemeliharaan kendaraan. Sebagaimana astronom dan insinyur mempersiapkan perjalanan ruang angkasa, mereka menggunakan matematika untuk menghitung berapa jauh perjalanan mencapai ruang angkasa, berapa waktu yang diperlukan untuk pergi dan pulang, berapa bahan bakar yang diperlukan selama perjalanan, makanan dan suplai apa yang diperlukan, serta biaya untuk pemeliharaan kendaraan ruang angkasa.
Ketika sebuah pabrik merencanakan untuk memasarkan produknya, mereka menggunakan matematika untuk mendistribusikan hasilnya, waktu yang diperlukan untuk berangkat dan kembali, memperkirakan bahan baker yang diperlukan, menghitung perbekalan yang diperlukan, dan pembiayaan untuk pemeliharaan kendaraan. Tiga permasalahan yang berbeda tiga tingkatan matematika serta tiga keperluan dan keakuratan, namun memerlukan proses berfikir yang serupa. Matematika merupakan alat dan bahasa untuk memecahkan masalah, masalah besar ataupun masalah kecil.
Hal tersebutlah yang menjadikan alasan kuat harus adanya pembelajaran matematika di setiap jenjang pendidikan yaitu untuk mengembangkan kemampuan-kemampuan matematisnya bukan untuk menyelesaikan soal-soal ataupun permasalahan-permasalahan yang ada didalam matematika saja. Akan tetapi bagaimana siswa mengembangkan kemampuan berpikirnya untuk menyelesaikan masalah atematika, sehingga kedepannya ketika sudah terjun dalam masyarakat mereka dapat menggunakan nalarnya untuk menyelesaikan masalah-masalah di dunia kerjanya

Sumber:
Turmudi.2012. Matematika Landasan Filosofis, Didaktis, Dan Pedagogis Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar.Jakarta: DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA
http://samsarif.blogspot.com/2012/12/mengapa-harus-ada-matematika-mengapa.html
http://p4tkmatematika.org/2013/04/belajar-memecahkan-masalah-yuk/

Terima kasih atas komentar yang telah anda berikan
EmoticonEmoticon